Jumat, 19 Desember 2014

KOTA TANGERANG SELATAN Pengurukan Situ Ciledug Dihentikan

SEMPAT mendapat kecaman dari sejumlah pihak, pengurukan Situ Ciledug di Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), akhirnya dihentikan sementara.

Berdasarkan pantauan, kemarin, aktivitas pengurukan lahan Situ Ciledug oleh pengembang perumahan Vila Pamulang sudah tidak terlihat.Dua alat berat yang sebelumnya beroperasi di atas lahan situ yang sudah tertutup ma terial tanah merah pun tidak tampak.

Meski pengurukan telah dihentikan, untuk melindungi lahan konservasi dan resapan air itu dari kerusakan masih banyak yang harus dibenahi.Termasuk ancaman kerusakan yang disebabkan pembongkaran jalan conblock yang dibangun warga sekitar lewat Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Kondisi situ juga mirip tempat pembuangan akhir sampah karena menumpuknya sampah rumah tangga akibat ulah sebagian warga tak bertanggung jawab.

Terkait dengan pintu air, Arizal Maulana, warga RT 002/ RW 04, Kelurahan Pondok Benda, Pamulang, Minggu (7/12), berharap agar segera dilakukan perbaikan. “Supaya jangan sampai membahayakan jiwa warga sekitar lantaran rawan jebol,“ kata dia.

Ketua Dewan Pembina Organisasi Kepemudaan Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda-Pemudi (Ganespa) Tangsel, Nurcholis Hafidz, mengatakan pertumbuhan kawasan permukiman ataupun lokasi usaha komersial di sekitar Situ Ciledug sudah tidak memperhatikan batas garis sepadan danau. Terbukti, bantaran situ telah disesaki bangunan, bahkan hingga masuk ke area konservasi. (DA/J-4) Media Indonesia, 11/12/2014, halaman 8